rss

November 3, 2009

Cara setting class path java pada OpenSolaris 2008.11




Setelah sekian lama saya ngutak-ngatik JAVA_HOME di OpenSolaris, akhirnya berhasil juga saya menjalankan javacnya di berbagai “tempat”. Awalnya gini, saya sudah mencoba cara yang di berikan oleh teman saya, yaitu bang Arkumik. Beliau adalah salah satu senior di sprg-night. Tetapi cara yang di berikan bang ark tidak bisa berjalan, dan selalu gagal. Setelah saya teliti kembali, ternyata ada sedikit kekeliruan dari saya. maka dari itu, disini saya akan mencoba menulis ulang cara setting class path java pada OpenSolaris 2008.11 menurut yang saya alami. Berikut adalah cara membuat class path yang saya maksud :

Pertama kali sebelum anda membuat class path, terlebih dahulu komputer anda harus sudah terinstall java.

Cara settingannya adalah sebagai berikut :
1. Buka terminal, lalu execute file jdk-6u11-solaris-i586.sh dengan cara $ sh jdk-6u11-solaris-i586.sh

2. Jika anda malas untuk membaca lisensinya, ada bisa terus menekan enter supaya berjalan terus tulisannya hingga selesai. jika ada pernyataan yes or no, anda pilih yes. Itu tandanya anda setuju dengan lisensi itu.

3. Langsung masuk ke root dengan cara
$ su
password

4. setelah masuk sebagai root, akses root.
#cd /

5. Buat file profile pada folder etc.
/#gedit /etc/profile
Lalu isi configurasinya dengan ini :
export JAVA_HOME=/export/home/aji/Desktop/jdk1.6.0_11
export PATH=$PATH:$JAVA_HOME/bin:$JAVA_HOME/jre/bin
catt:pada tulisan yang bercetak tebal, itu tergantung dimana anda melatakkan file jdk-6u11-solaris-i586.sh anda. kali ini saya meletakkannya pada Desktop.

6. Buka file .profile dan .bashrc pada home. Karena kedua file tersebut di hidden, maka anda perlu melakukan cara ini : klik home, pilih view ->show hidden files.
setelah kedua file tersebut ketemu, isi dengan konfigurasi sepertiu pada no.5

7. Save kedua file tersebut
8. Anda restart OpenSolaris anda
9. Ketik javac pada terminal anda

Sekian dulu ya dari saya, kalau masih ada yang keliru harap di koreksi, karena disini saya masih sangat amat newbie.
Mudah2an berhasil.




0 komentar:


Post a Comment

Write u'r mind here ^^

Kata Mutiara Hari ini

cNta mengajar diri iNi Arti sBuah keHiduPaN, m'matan9kaN pMikiran & mNebaLkan beNteng kSabaRaN. Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, Dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan... hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. & Itulah namanya Cinta.^^ . . . . . . . . . .

Followers