rss

August 5, 2009

Membuat Animasi Grafik Fungsi Kuadrat dengan Mathematica

Pada tutorial ini akan dijelaskan bagaimana membuat perintah Mathematica untuk membuat animasi untuk memvisualisasikan perubahan grafik fungsi kuadrat.

Seperti yang kita ketahui bahwa bentuk umum fungsi kuadrat adalah y = f(x) = ax^2 + bx + c. Dengan animasi ini, kita akan dapat melihat pengaruh perubahan koefisien-koefisien a, b dan c pada bentuk grafik. Bagaimana bentuk grafik apabila a > 0, a <>

Pada contoh animasi ini, kita membatasi domain x untuk fungsi kuadrat adalah pada [-6, 6], serta nilai koefisien a, b dan c adalah mulai dari -5 s/d 5.

Perintah Mathematica untuk membuat animasi grafik fungsi kuadratnya adalah:

Animate[Column[{{a, b, c},
Plot[a x^2 + b x + c, {x, -6, 6},




PlotRange -> {{-5, 5}, {-10, 10}}]}], {a, -5, 5}, {b, -5, 5}, {c, -5, 5}]

Untuk mengubah-ubah nilai a, b dan c, cukup kita geser-geser slider untuk masing-masing koefisien, seperti yang tampak pada tampilan hasil perintah di atas berikut ini.

If you can see this, then you might need a Flash Player upgrade or you need to install Flash Player if it's missing. Get Flash Player from Adobe.

Nilai perubahan koefisien a, b dan c akan tampak pada bagian atas animasi berbentuk pasangan {a , b, c} .

Catatan:

Perintah di atas dibuat pada Mathematica 6 dan belum pernah dicoba untuk rilis di bawahnya.

0 komentar:


Post a Comment

Write u'r mind here ^^

Kata Mutiara Hari ini

cNta mengajar diri iNi Arti sBuah keHiduPaN, m'matan9kaN pMikiran & mNebaLkan beNteng kSabaRaN. Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, Dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan... hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. & Itulah namanya Cinta.^^ . . . . . . . . . .

Followers