rss

Language

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified
Russian Portuguese English French
German Spain Italian Dutch

aws

$6.00 Welcome Survey After Free Registration!

Masukkan Code ini K1-61A371-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com $6.00 Welcome Survey After Free Registration!

November 26, 2009

Setting Hotspot Mikrotik



Setting Hotspot pada Mikrotik Router OS sangat mudah dikonfigurasi. Sistem autentikasi hotspot biasa digunakan ketika kita akan menyediakan akses internet pada areal publik, seperti : Hotel, café, Kampus, airport, taman, mall dll. Teknologi akses internet ini biasanya menggunakan jaringan wireless atau wired. Biasanya menyediakan akses internet gratis dengan menggunakan hotspot atau bisa juga menggunakan Voucher untuk autentikasinya. Ketika membuka halaman web maka router akan mengecek apakah user sudah di autentikasi atau belum. Jika belum melakukan autentikasi, maka user akan di arahkan pada hotspot login page yang mengharuskan mengisi username dan password. Jika informasi login yang dimasukkan sudah benar, maka router akan memasukkan user tersebut kedalam sistem hotspot dan client sudah bisa mengakses halaman web. Selain itu akan muncul popup windows berisi status ip address, byte rate dan time live. Penggunaan akses internet hotspot dapat dihitung berdasarkan waktu (time-based) dan data yang di download/upload (volume-based). Selain itu dapat juga dilakukan melimit bandwidth berdasarkan data rate, total data upload/download atau bisa juga di limit berdasarkan lama pemakaian.

Cara mudah setting hotspot pada mikrotik adalah ada 2 (dua) pilihan selain menggunakan teks mode kita juga bisa menggunakan setting wizard dengan menggunakan Winbox Router OS, Langkah-langkat berikut merupakan konfigurasi dasar hotspot mikrotik sebagai Gateway Server. Pertama install Mikrotik Router OS pada PC atau pasang DOM atau kalau menggunakan Rouer Board langsung aja Login = ‘admin’ sedangkan untuk pasword anda kosongin untuk defaultnya.

Masuk ke IP ==> Hotspot ==> Setup

hotspot-mikrotik

Kemudian tentukan IP lokal hospot yang akan ada gunakan, misal 192.168.10.1 dan Tentukan IP DHCP ke clientnya yang akan anda gunakan, dalam contoh ini adalah 192.168.10.2-192.168.10.255

hotspot1

hotspot3

Untuk SMTP Server sebaiknya anda kosongin saja, Kemudian DNS servernya anda isikan sesuaikan dengan Provider anda, dalam contoh ini adalah DNS1=202.47.78.1 DNS2=202.47.78.9

hotspot4

hotspot5

DNS lokal hotspot anda NEXT saja kemudian pada Hotspot user anda dalam contoh berikut diisi admin password admin123

hotspot6

hotspot7

Hotspot Server Profile digunakan untuk mensetting server yang akan sering digunakan untuk semua user seperti metode autentikasi dan Limitasi data rate. Ada 6 jenis autentikasi Hotspot mikrotik yang berbeda dalam profile setting, jenis autentikas tersebut adalah : HTTP PAP, HTTP CHAP, HTTPS, HTTP cookie, MAC address, Trial

new-hotspot-mikrotik

hotspot-profile

Metode autentikasi yang akan digunakan, biasanya cukup menggunakan metode HTTP CHAP

autentikasi

Data rate limitation digunakan sebagai default setting untuk user yang belum di setting bandwidth limit pemakaiannya. Dimana RX adalah Client upload dan TX adalah Client download. Misal setting default data rate di 64k/128k (upload/download)

bandwidth-limit

Hotspot user profile digunakan untuk menyimpan data user yang akan dibuatkan rule profilenya. Dimana didalamnya bisa dilakukan setting firewall filter chain untuk traffic yang keluar/masuk, juga bisa untuk mensetting limitasi data rate dan selain itu dapat juga dilakukan paket marking untuk setiap user yang masuk kedalam profile tersebut secara otomatis.
hotspot-user-profile

Hotspot user yaitu nama-nama user yang akan diautentikasi pada sistem hotspot. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam konfigurasi hotspot user yaitu : username dan password, Membatasi user berdasarkan waktu dan paket data yang akan digunakan, hanya ip address tertentu dari ip address dhcp yang ditawarkan atau hanya mengizinkan user untuk koneksi ke sistem hotspot dari MAC Address tertentu saja.

hotspot-user

IP Bindings digunakan untuk mengizinkan ip tertentu untuk membypass autentikasi hotpot, ini sangat berguna sekali ketika kita ingin menjalankan layanan server, atau IP telephony dibawah system hotspot. Misal, PC atau Notebook anda untuk dapat membypass hotspot system, dengan demikian anda dapat melakukan browsing tanpa autentikasi

ip-binding





Tips perawatan komputer



hari ini saya ingin berbagi sedikit tips untuk merawat komputer. semoga bermanfaat....silakan dibaca-baca ya...!!! tips nya sebagai berikut:
1. Defrag harddisk secara berkala. Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk. Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk DefragmenterSaat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini.
2. Aktifkan screensaver Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yg penting. Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yg sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup/kurang jelas. Lain halnya jika monitor Anda adalah LCD, LED yg sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.Cara+ mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian pilih sesuai selera Anda.
3. Ventilasi yang cukup Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tsb. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan.
4. Pakailah UPS atau stavolt.Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau terpaksa tidak ada UPS, pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.
5. Tutup / close program yg tidak berguna Setiap program yg diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yg tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat (lelet) juga beban kerja menjadi lebih berat yg akhirnya dapat memperpendek umur komponen/komputer.
6. Install program antivirus dan update secara berkala Untuk dapat mengenali virus/trojan2 baru sebaiknya update program antivirus secara berkala. Virus yg terlanjur menyebar di komputer dapat membuat Anda menginstall ulang komputer. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk Anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.
7. Bersihkan Recycle Bin secara rutinSebenarnya file/folder yg kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin ini dengan maksud agar suatu saat apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yg sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yg dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lelet.Caranya jalankan Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle BinAtau Anda dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup Caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > kemudian pilih drive yg mau dibersihkan > setelah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yg lain (seperti temporary file, temporary internet file), setelah klik OK.
8. Jangan meletakkan Speacker Active terlalu dekat dengan monitorKarena medan magnet yang ada pada speacker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang.
9. Uninstall atau buang program yg tidak bergunaRuang harddisk yg terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.
10. Bersihkan motherboard & periferal lain dari debu secara berkalaSetidaknya enam bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer.
11. Pasang kabel ground. Apabila casing nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yg “nyasar” sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.(diambil dari berbagai sumber)

refrensi : http://www.bilqis-net.co.cc/2009/11/tips-perawatan-komputer.html




Cara memasang widget translator



Memasang widget translator atau "Penerjemah Bahasa" pada blog banyak sekali gunanya. Translator ini berguna apabila ada pengunjung dari negara lain yang secara sengaja maupun tidak mengunjungi dan melihat blog kita namun tidak tahu bahasa yang kita gunakan sehingga mereka bisa menggunakan widget ini untuk menterjemahkannya kedalam bahasa yang mereka inginkan (tentunya yang sudah ada di widget ini). Widget ini sudah support untuk bahasa Indonesia. Dan kalo kamu mau, translator ini bisa juga untuk menterjemahkan tugas dari sekolah/kampus secara mudah. Dan hasilnya bisa lebih bagus daripada software transtool lho. Gimana? mau membuatnya? caranya mudah lho. Gini nih...

1. Login ke Blogger trus pilih menu "Layout" atau "Tata Letak"
2. Kemudian klik pada "Add Gadget" atau "tambah gadget".
3. Lalu pilih HTML/Javascript"
4. Kemudian masukkan script berikut ini kedalamnya.


5. Dan jangan lupa di Save ya!!!!
selamat mencoba!!!






Tips Merawat Laptop

Laptop atau Notebook bukanlagi barang yang masuk kategori barang mewah dengan semakin membanjirnya produk-produk laptop baik yang produksi pabrikan resmi atau yang berupa “laptop kanibal” dengan harga yang bervariasi pula tergantung kantong kita tentunya.
Banyak dari kita yang mungkin hanya bisa mengoperasikan laptop tapi kurang mengetahui bagaimana agar laptop bisa terawat dengan baik dan berumur panjang.

Berikut beberapa tips merawat laptop yang bisa Anda praktekkan :
*Membersihkan “Keyboard”Keyboard laptop gampang sekali kotor, entah karena jari tangan yang berminyak, abu rokok, remah-remah roti, atau debu. Ambil kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol keyboard dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Gunakan proteksi pelindung keyboard untuk mencegah kotoran.

*Mengelap LayarJangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu poles layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar, karena bisa menyebabkan pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serta jangan menekannya terlalu keras.

*Hindari Panas MatahariJangan meninggalkan notebook di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook.

*Menghindari GoresanAmankan benda-benda tajam dari sekitar notebook. Taruh lapisan pelindung di atas keyboard sebelum Anda menutup case, agar layar tak tergores. Apabila Anda hendak berpergian, masukkan notebook pada wadah/tas yang telah tersedia.

*Case CemerlangTangan yang kotor dan berminyak juga menjadi penyebab case tidak lagi mengilat. Pakai deterjen nonzat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk peranti elektronik, yang biasanya berupa busa. Semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case.

*Menyimpan notebookBila Anda akan menyimpan notebook dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.
*Hindari Medan Magnet (naah yg ini perlu dibaca looch…,)Untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook. Piranti-piranti penghasil medan magnet, misalnya, spiker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari notebook.

Semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua…

Referensii :http://www.finderonly.com/

Tips Supaya Blog Muncul di Search Engine




hari ini saya akan berbagi tips bagaimana membuat supaya blog kita bisa muncul di search engine, apa lagi munculnya dihalaman depan dan bagian atas,itu sudah pasti merupakan keinginan hampir semua bloger. Namun tidaklah mudah untuk membuat blog kita nangkring di top rank result search engine. Ada banyak cara yang dilakukan supaya hal tersebut terwujud, mulai dari yang otak-atik script dan meta tag sampai membayar jasa SEO Service. Nha berikut ini akan aku berikan sedikit tips atau hal-hal yang mempengaruhi kenapa blog kita bisa nangkring di urutan atas hasil pencarian search engine, atau setidaknya masuk dalam deretan hasil pencarian walaupun berada diurutan paling jauhhhhhhhhhh!!!!!!!!!!!!!!!!

Berikut ini tipsnya (untuk Google) :
1. Coba ketikkan alamat URL blog kamu di google search kemudian tekan Enter. Jika blogmu muncul berarti sudah ke indes di google tapi mungkin masih kalah bersaing dengan yang lain. Dan jika blogmu tidak muncul berarti belum keindex di google. Coba daftarkan blog km di http://google.com/addurl. Hasil tidak langsung jadi lho, jadi perlu waktu supaya blog kita terindex oleh google.

2. "Title Blog", jika membuat blog tentunya kita disuruh untuk membuat title blog. Title blog ini sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian di search engine, jadi pintar-pintarlah untuk memilih title blog km. Buatlah title blog yang menggambarkan isi dari blog km. Jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek.

3. "Title Postingan". Title postingan ini juga hampir sama pentingnya dengan title blog. Dalam membuat title postingan atau judul postingan hendaknya dipikirkan betul-betul, bayangkan kira2 judul apa yang paling cocok untuk postinganmu. Juga bayangkan kira2 jika km mencari artikel tentang postingan mu tersebut, keyword apa yang akan km ketikkan di dalam search engine. Bayangkan seperti itu.

4. "Update Blog", sering-seringlah mengupdate blog km setidaknya dalam satu minggu itu sekali ato dua kali. Hal ini pernah aku rasakan efeknya di salah satu blogku. Blogku yang pada awalnya memiliki pengunjung dari search engine sekitar 30-40% tiba-tiba menurun drastis menjadi hanya sekitar 3%. Itu terjadi karena blog tersebut sudah lama tidak aku update, dan ketika aku update lagi, kemudian blogku kembali bisa memasuki jajaran top rank di search engine result.

5. "Promosikan blogmu", promosikan blogmu ke banyak web/blog, forum, situs2 promosi gratis, dll. Karena semakin banyak link blogmu tersebar maka akan semakin sering pula spider searh engine mengunjungi blogmu.

6. Sekian Tips hari ini

NB: perhatian tips-tips diatas tidak menjamin blogmu akan langsung terangkat di hasil pencarian search engine, karena metode sebenarnya dari pencarian itu yang mengetahui hanyalah dari pemilik search engine itu sendiri. Tapi setidaknya dengan mengikuti tips diatas web/blogmu bisa masuk kedalam hasil pencarian search engine walaupun mungkin blog kamu berada di urutan kesekiannnnnnnnn!!!!heehe...selamat mencoba




Cari tahu berapa harga blogmu?_?





Hari ini saya akan berbagi informasi tentang cara mengetahui perkiraan harga blog yang kita buat susah payah ini. Dan posting kali ini berbeda dengan posting yang sebelumnya "Terus apa bedanya??" ada donk, yang jelas hasil nya lumayan menyenangkan dan bisa dipajang di blog atau website yang kita miliki, serta membuat kita tetap bersemangat untuk menyemarakkan dunia perblogan Indonesia. caranya gampang kok, masukkan alamat web atau blog yang ingin kita ketahui harganya kemudian klik..... Nah, bagi yang sudah kagak sabar buruan samperin LINKnya langsung KLIK DI SINI


November 23, 2009

jam digital dengan mikrokontroler



Mungkin bagi sebagian pembaca Jam Digital merupakan hal yang sangat sederhana atau sudah terlalu umum, tapi dari Jam Digital bisa dipelajari prinsip-prinsip dasar kontrol dengan microcontroller, antara lain sistem tampilan 7 ruas dan pemakaian ti­mer.



Gambar 1
Jam Digital dengan AT89C2051

Rangkaian lengkap Jam Digital ini terlihat pada Gambar 1, dilengkapi 4 buah tampilan 7 ruas LED untuk menampilkan waktu, terdiri atas angka-angka puluhan jam, satuan jam, puluhan menit dan satuan menit. Tombol SW1 dan SW2 dipakai untuk mengatur tampilan waktu, saat SW1 ditekan angka pada tampilan jam akan bertambah setiap detik, sedangkan SW2 dipakai untuk mengatur angka tampilan menit dengan cara yang sama.

Kristal 12 MHz dan kapasitor C1 dan C2 membentuk rangkaian oscilator pembangkit frekuensi kerja AT89C2051, rangkaian ini merupakan rangkaian baku, artinya bentuk rangkaian oscilator ini selalu seperti ini untuk semua rangkaian AT89C51, kecuali untuk keperluan yang lain nilai kristalnya saja yang mungkin berbeda.

Kombinasi kapasitor C3 dan tahanan R8 juga merupakan rangkaian baku, komponen ini dipakai untuk membentuk rangkaian ‘power on reset’, artinya rangkaian yang akan otomatis me-reset AT89C2051 setiap kali AT89C2051 mulai menerima sumber daya listrik.

Melihat rangkaian pada Gambar 1, memang tidak bisa dijelaskan bagaimana Jam Digital ini bekerja, karena rangkaian itu hanyalah bagian tampilan dan tombol pengatur waktu waktu saja, ‘Jam’ yang sesungguh­nya berupa program yang disimpan di dalam ROM yang ada di dalam IC AT89C2051.

Sistem tampilan 7 ruas


Untuk menampilkan waktu dipakai 4 buah tampilan 7 ruas LED yang dibentuk dengan IC2 dan IC3 (masing-masing IC berisikan 2 tampilan angka), dengan demikian untuk menampilkan 4 buah angka diperlukan 28 LED, kalau ke-28 LED ini dinyala-padamkan dengan cara biasa, maka diperlukan 28 saklar dan rangkaian menjadi rumit sekali. Cara yang umum dipakai adalah sistem tampilan 7 ruas yang di-multiplek seperti nampak dalam Gambar 1, sedangkan Gambar 2 memperlihatkan detil sistem tampilan ini.



Gambar 2
Sistem Tampilan 7 Ruas

Setiap tampilan angka dibentuk dengan 7 buah LED (Light Emitting Diode), masing-masing diode itu ditandai sebagai ruas ‘a’ sampai dengan ‘g’, anode dari ketujuh LED itu sudah dihubungkan jadi satu di dalam IC. Katode ruas ‘a’ dari angka puluhan jam dihubungkan dengan katode ruas ‘a’ dari angka satuan jam dan seterusnya. Demikian pula dengan ruas ‘b’; ruas ‘c’ dan lain sebagainya.

Saklar Ruas P10..P16 dipakai untuk menentukan ruas mana yang akan dinyalakan, misalkan untuk membentuk angka 1 maka saklar P11 (ruas b) dan saklar P12 (ruas c) dalam posisi ‘on’. Sedangkan Skalar Digit dipakai untuk menentukan tampilan angka mana yang dipakai, misalkan angka 1 tadi ingin ditampilkan pada tampilan puluhan jam, maka posisi skalar pada Q1.

Jika posisi ‘on’ pada Saklar Digit digilir dari Q1, Q2, Q3 dan Q4 kemudian kembali ke Q1 dan seterusnya secara cepat, maka angka 1 di atas akan nampak pada semua tampilan angka!

Selanjutnya, andaikan sebelum merubah posisi Saklar Digit kombinasi Skalar Ruas diatur terlebih dulu, maka angka yang tertampil dalam sistem tampilan 7 ruas ini bisa diatur dengan tepat.

Dalam Gambar 1 terlihat Saklar Ruas dibentuk dengan kaki P1.0 sampai kaki P1.6 AT89C2051, sedangkan Saklar Digit dibentuk dengan sebuah transistor PNP dan sebuah tahanan yang masing-masing dikendalikan lewat kaki P3.0 sampai kaki P3.3.

Proses pengaturan sistem tampilan seperti yang dibahas diatas, diatur oleh AT89C2051 lewat potongan program yang biasanya dinamakan sebagai ScanDisplay seperti berikut :

1 ScanDisplay:

2 MOV P1,RuasJam10

3 MOV P3,#%11110111

4 ACALL TungguSebentar

5 ;

6 MOV P1,RuasJam1

7 MOV P3,#%11111011

8 ACALL TungguSebentar

9 ;

10 MOV P1,RuasMenit10

11 MOV P3,#%11111101

12 ACALL TungguSebentar

13 ;

14 MOV P1,RuasMenit1

15 MOV P3,#%11111110

16 ACALL TungguSebentar

17 SJMP ScanDisplay

Potongan program di atas bisa dijelaskan sebagai berikut : RuasJam10, RuasJam1, RuasMenit10 dan RuasMenit1 merupakan variabel tempat menampung kombinasi ruas dari angka yang akan ditampilkan, isi dari variabel ini akan dirubah dibagian lain dari program sesuai dengan perubahan waktu. Isi variabel–variabel ini diumpankan langsung ke Port 1 (baris 2, 6, 10 dan 14 pada potongan program di atas), untuk mengendalikan Saklar Ruas.

Saklar Digit dibentuk dengan transistor PNP, jadi untuk meng-on-kan diperlukan tegangan ‘0’ pada salah satu kaki Port 3, seperti terlihat pada baris 3, 7, 22 dan 15. Perhatikan posisi angka ‘0’ pada keempat baris itu, akan nampak ‘0’ tersebut ber-‘jalan’ dari kiri ke kanan yang setara dengan Saklar Digit bergilir ‘on’ dari Q1 sampai Q4.

TungguSebentar merupakan sub-rutin yang berfungsi untuk menunda waktu (delay), agar angka yang ditampilkan bisa tertahan sesaat sebelum berganti. Pada baris 17, aliran program di alihkan kembali ke baris 1, sehingga potongan program ini akan bekerja terus menerus tanpa henti menampilkan angka.

Jam Digital

Jam Digital dalam proyek ini, sesungguhnya hanya berupa program. Pada dasarnya Jam Digital adalah sistem pencacah (counter) bertingkat, dimulai dari pencacah menit yang mencacah dari 0 sampai 59 dan melimpah kembali ke 0, dan pencacah jam dari 0 sampai 23 yang mencacah setiap kali ada limpahan dari pencacah menit, hal ini bisa direalisasikan dengan program berikut:

1 JamDigital:

2 INC Menit

3 MOV A,Menit

4 CJNE A,#60,Keluar

5 MOV Menit,#0

6 INC JAM

7 MOV A,Jam

8 CJNE A,#24,Keluar

9 MOV Jam,#0

10 Keluar:

11 RET

Menit dan Jam pada potongan program ini, adalah variabel yang berfungsi sebagai pencacah menit dan pencacah jam. Sub-rutin JamDigital ini akan dijalankan setiap menit sekali, sehingga perubahan nilai pada variable Menit dan variable Jam persis mencerminkan perubahan waktu.



Interupsi Timer

Setelah membentuk sub-rutin JamDigital di atas, persoalan berikutnya adalah bagaimana agar sub-rutin itu benar-benar bisa dijalankan satu kali setiap menit, untuk keperluan ini dipakai fasilitas timer yang dimiliki AT89C2051.

Jam Digital yang dibuat selalu menjalankan program ScanDisplay terus menerus tanpa henti, dengan mengggunakan fasilitas interupsi dari timer, program ScanDisplay di atas dihentikan sebentar setiap 50 mili detik, pada saat itu AT89AT2051 menggerakan untaian pencacah 20 dan pencacah 60, pencacah 20 akan melimpah sekali per detik, dan pencacah 60 akan melimpah sekali per menit. Pada saat terjadi limpahan pencacah 60, AT89C2051 akan menjalankan sub-rutin JamDigital di atas.

1 TimerInterrupt:

2 MOV TL0,#-50000

3 MOV TH0,#>-50000/256

4 DJNZ Pencacah20,Terus

5 MOV Pencacah20,#20

6 DJNZ Pencacah60,Terus

7 MOV Pencacah60,#60

8 ACALL JamDigital

9 Terus:

10 RETI

Baris 2 dan 3 di atas yang mempertahankan agar AT89C2051 menjalankan rutin TimerInterrupt setiap 20 mili detik, baris 4 sampai 7 merupakan untaian pencacah 20 dan pencacah 60, saat pencacah 60 melimpah pada baris 8 AT89C2051 menjalankan sub-rutin JamDigital.

Agar mekanisme interupsi timer ini bisa bekerja seperti apa yang diharapkan, pada awal program ditambahkan potongan program berikut :

1 ANL TMOD,#%11110000

2 ORL TMOD,#000001

3 MOV TL0,#-50000

4 MOV TLH,#-50000/256

5 SETB ET0

6 SETB EA

7 SETB TR0

Baris 1 dan 2 menentukan mode kerja dari Timer 0, Baris 3 dan 4 yang menentukan agar AT89C2051 menjalankan rutin TimerInterrupt setiap 20 mili detik, baris 5 mengaktipkan interupsi Timer 0, baris 6 mengaktipkan sistem interupsi AT89C2051 dan baris 7 menjalankan Timer 0. Bagian ini kelak akan dijelaskan lebih mendetil dalam artikel tersendiri.



November 18, 2009

Tips menghindari phising password




mungkin sudah tidak sedikit bahwa hal2 privacy seperti password bisa di ketahui juga oleh seorang hacker, nah pertnyaannya bagaimana sih seorang hacker bisa tahu password kita ?
ya salah satunya mereka dari phising :D nahh kalo sampai password cabinet kita sampai ketahuan kan bisa berabe :eek:

seperti halnya kasus bbrapa minggu yang lalu sempat libertyreserve.com di d dos sama hacker sampai 1 mingguan site na down hehehhe

sudah banyak kasus juga, hacker2 menyerang server2 broker sampai servernya down pada saat news2 besar, mungkin hacker nya ikut trading kali ya hehehe,
sehingga tidak sedikit broker menggunakan server lebih dari 3 untuk menghindari serangan hacker, jika server A mati masih ada server B atau C :D

mungkin anda jg ada yg trading msih menggunakan jasa umum seperti warnet, tidak menutup kemungkinan banyak operator2 warnet yang jail, mereka memasang keylogger untuk merekam password kita, dan sengaja untuk mendapatkan password kita, saya jg pernah mengalami, sampai acc e-gold saya kena, mungkin itu karena kecerobohan saya sendiri yg waktu itu memang masih bener2 awam soal dunia maya...dan waktu itu masih sering menggunakan jasa warnet untuk browsing2 heheh...

mungkin ini ada bbrapa tips dari saya untuk menghindari pencurian password oleh seorang hacker2 yg nakal....atau operator2 warnet yg jail :D

1. usahakan anda punya flashdisk atau sejenisnya, untuk menyimpan data2 anda.
2. kalo anda trading menggunakan mt4 usahakan passnya sudah tersave pada saat login pertama, jadi pada saat mau login selanjutnya sudah otomatis
3. pada saat mau login baik itu ke email, e-gold atau cabinet dari suatu broker, jangan ketik manual ( jika anda menggunakan jasa warnet ), usahakan kopi paste, karena keylogger hanya bsa rekam password dari ketik manual
4. jangan sering masuk site2 ga jelas, karena banyak phising.
5. jangan sampai password di suatu situs yang kurang menjamin privacy anda di samakan dengan password email pribadi atau password2 yg penting semcam ym, login platform untuk menghindari phising.

mungkin itu sekedar tips dari saya, dan hanya berdasarkan pengalaman saya, ada master2 yg mau menambahkan tips2 nya atau berbagi pengalaman silahkan...agar newbie seperti saya bisa mendapatkan pengetahuan yg lebih detail soal keamanan menjaga password :)
thank's


November 10, 2009

Trik Cara Memanipulasi Shoutmix Dengan URL Ganda

Trik Cara Memanipulasi Shoutmix Dengan URL Ganda


Sebenarnya ini hanya Trik dan Cara bagi Blogger menia untuk menyiasati supaya dalam melakukan blogwalking – berkomentar diblog sahabat -- tidak takut bakal dibanned sama Shoutmix, Xbox atau Oggix. Ini hanya sebuah cara memanipulasi agar URL kita lepas dari tuduhan Spamming. Dan ini salah satu Tips Solusi URL di Banned Soutmix.

Cara ini sih hanya berdasarkan dari pengalaman saja, karena blogger yang jam tayangnya cukup tinggi (heheheee… kayak iklan di televise aja nich) kadang-kadang harus membalas kunjungan dan komentar dari ratusan sobat yang udah mampir dan ninggalin komentar diblognya.

Hayyooo…dari para sobat blogger mungkin ada yang dalam waktu satu jam bisa mengunjungi ratusan blog sahabatnya..tetapi kata-kata yang digunakan kadang2 banyak yang mirip, bahkan ada yang hanya copy paste (copas) saja…heeheheheheeeee..ngaku aja deehh..

Untuk menyiasati hal ini, walaupun sobat blogger hanya mempunyai 3 atau 5 kalimat saja untuk membalas komentar, dengan mengulang-ulang terus seperti jarum jam, tentu akan tetap aman dan tentram, caranya sukup simple dan gampang.

Sahabat blogger cukup membuat beberapa kalimat yang akan sampaikan dibuku tamu atau kotak komentar blog-blog tersebut. Contohnya ;

1. “Hallo selamat siang, blogwalking yaa”
2. “Berkunjung yaa..selamat siang sahabat”
3. “Kunjungan balasan nich…”
Dengan 3 baris kalimat itu sobat bisa mengulang-ulang terus, tanpa harus takut bakalan dibanned sama penyedia layanan gratis Shoutmix, Xbox atau Oggix.

Caranya : Pertama-tama sobat harus menyingkat URL sobat sebanyak 2 atau 3 URL. URL yang pertama sobat tetap pakai yang asli bawaaan dari blogspot. URL yang kedua sobat buatlah URL baru di daftar dibawah ini ; (silahkan pilih..)

1. doiop.com
2. lo.ly
3. tr.im
4. zly.me.com
5. 3.ly.com
6. good.ly.com
7. bit.ly.com

kemudian, kalau sudah mendapatkan URL-URL tersebut, sekarang sobat sudah mempunyai 2 atau 3 URL yang berlainan yang siap untuk digunakan. Maka, gunakanlah URL-URL tersebut secara bergantian pada saat sobat meninggalkan pesan atau komentar diblog sahabat lainnya…

Terus terang saya juga menggunakan cara ini, malahan saya coba dengan kata-kata yang sama untuk 100 blog dan saya menggunakan 3 penyingkat URL, aman-aman saja tuuhh…hehehee, ini hanya pengalaman saya aja, sekedar berbagi-bagi pengalaman. Mudahan bermanfaat dan salam blogger.

November 3, 2009

Cara setting class path java pada OpenSolaris 2008.11




Setelah sekian lama saya ngutak-ngatik JAVA_HOME di OpenSolaris, akhirnya berhasil juga saya menjalankan javacnya di berbagai “tempat”. Awalnya gini, saya sudah mencoba cara yang di berikan oleh teman saya, yaitu bang Arkumik. Beliau adalah salah satu senior di sprg-night. Tetapi cara yang di berikan bang ark tidak bisa berjalan, dan selalu gagal. Setelah saya teliti kembali, ternyata ada sedikit kekeliruan dari saya. maka dari itu, disini saya akan mencoba menulis ulang cara setting class path java pada OpenSolaris 2008.11 menurut yang saya alami. Berikut adalah cara membuat class path yang saya maksud :

Pertama kali sebelum anda membuat class path, terlebih dahulu komputer anda harus sudah terinstall java.

Cara settingannya adalah sebagai berikut :
1. Buka terminal, lalu execute file jdk-6u11-solaris-i586.sh dengan cara $ sh jdk-6u11-solaris-i586.sh

2. Jika anda malas untuk membaca lisensinya, ada bisa terus menekan enter supaya berjalan terus tulisannya hingga selesai. jika ada pernyataan yes or no, anda pilih yes. Itu tandanya anda setuju dengan lisensi itu.

3. Langsung masuk ke root dengan cara
$ su
password

4. setelah masuk sebagai root, akses root.
#cd /

5. Buat file profile pada folder etc.
/#gedit /etc/profile
Lalu isi configurasinya dengan ini :
export JAVA_HOME=/export/home/aji/Desktop/jdk1.6.0_11
export PATH=$PATH:$JAVA_HOME/bin:$JAVA_HOME/jre/bin
catt:pada tulisan yang bercetak tebal, itu tergantung dimana anda melatakkan file jdk-6u11-solaris-i586.sh anda. kali ini saya meletakkannya pada Desktop.

6. Buka file .profile dan .bashrc pada home. Karena kedua file tersebut di hidden, maka anda perlu melakukan cara ini : klik home, pilih view ->show hidden files.
setelah kedua file tersebut ketemu, isi dengan konfigurasi sepertiu pada no.5

7. Save kedua file tersebut
8. Anda restart OpenSolaris anda
9. Ketik javac pada terminal anda

Sekian dulu ya dari saya, kalau masih ada yang keliru harap di koreksi, karena disini saya masih sangat amat newbie.
Mudah2an berhasil.




November 2, 2009

Tips dan Trik Pencarian Efektif dengan Google



Meskipun Google menyediakan banyak fitur pencarian, saya yakin tidak banyak dari kita yang menggunakannya pada saat melakukan pencarian informasi. Akhirnya kita kena badai tsunami informasi dari Google yang akhirnya membuat kita bingung sendiri. Kita bahas yuk, teknik pencarian yang efektif itu sebaiknya seperti apa sih.

Secara umum, jenis pencarian di Google ada dua: Basic Search dan Advanced Search. Basic Search adalah fitur pencarian yang sudah biasa kita gunakan yaitu ketika mengakses langsung google.com.

Sedangkan Advanced Search menyediakan berbagai pilihan fitur pencarian baik untuk operator dasar, file format yang ingin kita cari, bahasa, region, dsb.

Sebenarnya masih sangat banyak fitur pencarian yang bisa kita gunakan, tapi tidak terdapat di menu pilihan Advanced Search. Dengan kata lain kita harus memasukannya query di form pencarian di Basic Search langsung. Nah permainan query dan operator pencarian ini yang sebenarnya akan kita bahas di artikel ini.

FITUR PENCARIAN DASAR

AND: Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Bisa menggunakan salah satu dari tiga alternatif berikut:
ukiran jepara
ukiran AND jepara
ukiran+jepara

OR: Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Bisa menggunakan salah satu dari dua alternatif berikut:
tahu OR tempe
tahu | tempe

FRASE: Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda “”. Contoh:
“perangkat lunak”

NOT: Hasil pencarian mengandung kata yang di depan, tapi tidak yang dibelakang minus (-). Contoh di bawah akan mencari informasi yang mengandung kata ikan tapi bukan bandeng.
ikan -bandeng

SINONIM (~): Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. Contoh di bawah akan membawa hasil pencarian: kendaraan (car) dan sinonim-sinonimnya.
~car

ASTERIK (*): Karakter pengganti kata. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: ayam bakar pedas, ayam goreng pedas, ayam masak pedas, dsb
ayam * pedas

TANDA TITIK (.): Karakter pengganti huruf, angka dan karakter tunggal. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: kopi, koki, kodi, dsb
ko.i

CASE INSENSITIVE: Pencarian di Google menganggap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama. Jadi, romi satria wahono, Romi Satria Wahono, atau RoMi SaTrIA waHoNo akan membawa hasil pencarian yang sama

PENGABAIAN KATA: Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, b, by, from, how, i , in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, with. Apabila kita masih tetap menginginkan pencarian kata tersebut, bisa dengan menggunakan karakter + di depan kata yang dicari (contoh: Star Wars Episode +I), atau bisa juga dengan menganggapnya sebagai frase (contoh: “Star Wars Episode I”)

I’M FEELING LUCKY: Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama dari query kita

FITUR PENCARIAN LANJUT

DEFINE: Mencari definisi dari sebuah terminologi. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat adalah berbagai definisi tentang e-learning dari berbagai sumber
define:e-learning

CACHE: Menampilkan situs web yang telah diindeks oleh Google meskipun sudah tidak aktif lagi. Contoh di bawah akan menghasilkan pencarian kata php pada situs ilmukomputer.com yang ada di indeks Google.
cache:ilmukomputer.com php

LINK: Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs. Contoh di bawah akan menampilkan daftar link yang mengarah ke situs ilmukomputer.com
link:ilmukomputer.com

RELATED: Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs
related:romisatriawahono.net

INFO: Menampilkan informasi yang Google ketahui tentang sebuah situs
info:romisatriawahono.net

SITE: Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditunjuk
java site:ilmukomputer.com

FILETYPE: Menampilkan hasil pencarian berupa suatu jenis (ekstensi) file tertentu. Jenis file yang bisa dicari adalah: doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt, dsb. Contoh di bawah akan menampilkan hasil pencarian berupa file PDF yang mengandung keyword software engineering
software engineering filetype:pdf

ALLINTITLE: Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title java programming. allintitle ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan intitle untuk keperluan itu.
allintitle:java programming

INTITLE: Menampilkan satu kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title java dan isi halaman yang mengandung kata enterprise
intitle:java enterprise

ALLINURL: Menampilkan seluruh kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata java dan programming. allinurl ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan inurl untuk keperluan itu.
allinurl:java programming

INURL: Menampilkan satu kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata java dan isi halaman yang mengandung kata enterprise
inurl:java enterprise

Pencarian yang kita lakukan akan semakin efektif apabila kita mencoba menggabungkan beberapa operator baik yang ada di fitur pencarian dasar maupun lanjut. Misalnya, kita ingin mencari file-file PDF yang ada di situs http://www.pdii.lipi.go.id/. Maka kita gabungkan dua operator menjadi:
filetype:pdf site:www.pdii.lipi.go.id

Dewasa ini permainan query pencarian Google banyak digunakan para hacker dan cracker untuk mencari berbagai informasi, file, dan konfigurasi yang memiliki lubang keamanan. Aktifitas ini terkenal dengan sebutan Google Hacking. Kapan-kapan kita bahas tentang yang satu ini, setelah kita mahir bermain-main dengan berbagai operator pencarian Google.



Write u'r mind here ^^

Kata Mutiara Hari ini

cNta mengajar diri iNi Arti sBuah keHiduPaN, m'matan9kaN pMikiran & mNebaLkan beNteng kSabaRaN. Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, Dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan... hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. & Itulah namanya Cinta.^^ . . . . . . . . . .

Followers